Jenis-jenis Layar Pada Laptop

Jenis Layar Laptop 

Selama ini, terdapat beberapa jenis layar laptop yang sudah umum digunakan oleh berbagai brand terkemuka dari seluruh dunia. Mulai dari yang paling mahal hingga yang terjangkau sekali pun, seluruhnya menggunakan sistem ini. Masing-masing terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah beberapa di antaranya :

1. LCD


LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Dari kata liquid pada singkatan nya saja sudah bisa dibaca bahwa layar ini mengandung cairan. LCD tersusun dari molekul-molekul bahan kimia cair yang jika disejajarkan pada aliran listrik dapat menghasilkan cahaya.

Secara penampilan fisik, LCD berbentuk tebal, slot kabel nya juga memanjang seperti pada gambar diatas. Disamping itu LCD membutuhkan asupan daya yang lebih besar sehingga sebuah LCD laptop pasti terhubung pada unit inverter. kabel yang di kotak merah pada gambar diatas merupakan kabel inverter.

Inilah salah satu penyebab laptop yang masih mengadopsi LCD sebagai layar rata-rata baterai nya tidak dapat bertahan lama, hanya sekitar 1-2 jam. Karena LCD memang terkenal boros daya sehingga membutuhkan konsumsi daya yang banyak dari baterai.

LCD digunakan sejak pertama kali laptop diproduksi hingga sekitar tahun 2008-2009, ketika itu produsen laptop sudah mulai meninggalkan lcd dan mulai beralih ke Led. Led memang lebih bersahabat pada baterai dari pada lcd.

Jika kamu membeli laptop keluaran tahun 2009 ke atas hampir bisa dipastikan layar yang digunakan tidak lagi menggunakan lcd tetapi sudah menggunakan led.

Kelebihan Layar LCD

  • Harga komponen yang lebih terjangkau
  • Resolusi gambar bagus
  • Kualitas gambar cukup tinggi.

Kekurangan Layar LCD

  • Boros daya listrik
  • Tidak ramah lingkungan
  • Radiasi layar dapat merusak mata.

2. LED

Slim Led sebenarnya masih merupakan keluarga dari led, hanya saja slim led ini merupakan pengembangan dari led versi sebelumnya. Yang membedakan slim led dengan versi led sebelumnya adalah bentuk fisiknya.

Slim led mempunyai bentuk fisik yang jauh lebih tipis dari pada led generasi pertama. Lebarnya tidak sampai setengah dari versi led sebelumnya. Led ini juga jauh lebih hemat konsumsi daya jika dibandingkan dengan led yang pertama.

Slim led ini mulai banyak digunakan pada laptop pada akhir tahun 2013 an. Memang sebelumnya sudah ada beberapa laptop yang menggunakan, tapi rata-rata yang menggunakan sebelum itu adalah laptop kelas tinggi yang mempunyai bentuk fisik. Baru pada akhir tahun 2013 slim led digunakan pada laptop kelas menengah dan bawah.

Laptop yang sudah menggunakan slim led ini rata-rata baterai nya sangat irit, bahkan bisa bertahan sampai 6 jam lebih, itu karena slim led ini jauh lebih bersahabat dengan baterai jika dibandingkan dengan LED apalagi LCD.

Kelebihan

  • Lebih hemat listrik, layar lebih cerah, layar lebih tahan lama, ramah lingkungan.

Kekurangan

  • Harga komponen lebih mahal, lapisan lebih tipis dan sensitif terhadap sentuhan.

Ukuran Layar Laptop yang Umum Diketahui

Layar Laptop Berukuran 9 Sampai 12 Inci

Gambar terkait
Ukuran layar laptop 9 - 12 inci ini pada umumnya dimiliki oleh netbook, yaitu tipe laptop berukuran kecil, terjangkau, dan biasanya memiliki daya tahan baterai tidak terlalu lama. Laptop dengan ukuran layar 9 sampai 12 inci sangat cocok untuk browsing dan atau aktivitas lain yang ringan.

Layar Laptop Ukuran 11 Sampai 14 Inci

Hasil gambar untuk layar laptop 14 inch
Jika ukuran layar laptop sebelumnya dimiliki oleh netbook, maka ukuran layar laptop 11 sampai 14 inci dimiliki oleh Ultrabook, yang merupakan kategori laptop baru di dunia. Laptop ini memiliki bodi yang tipis dan dilengkapi prosesor serta baterai yang kuat. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sering jauh dari sumber listrik.

Layar Laptop Ukuran 14 Sampai 15 Inci

Layar laptop ukuran ini biasa dipakai laptop pada umumnya. Selain itu, laptop dengan ukuran ini biasanya dilengkapi dengan prosesor Intel Dual-Core, RAM berukuran cukup besar, dan media penyimpanan  di atas 256GB. Sangat cocok digunakan untuk pekerjaan kantor yang membutuhkan kenyamanan dan juga performa.
Selain itu, beberapa jenis laptop dengan ukuran layar 14 sampai 15 inci juga didesain khusus untuk kebutuhan gaming dan multimedia.

Layar Laptop Ukuran Lebih Dari 17 Inci

Gambar terkait
Ukuran layar laptop lebih dari 17 inci biasanya dimiliki oleh laptop yang masuk ke dalam tipe desktop replacement yang memang ditujukan sebagai pengganti PC yang dapat dibawa kemana-mana. Laptop dengan ukuran layar ini biasanya memiliki performa yang cukup tinggi.
Layar laptop ini sangat ideal untuk Anda yang membutuhkan performa sebuah PC untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi, seperti edit dan render video jarak jauh atau desain di tempat yang terpencil.
Perbedaan Letak Socket

Nah, yang ke tiga ini perbedaan nya adalah pada letak socket nya. Ada layar yang socket nya di kiri, ada yang socket nya di kanan meskipun ukuran layarnya sama persis. Kalau layar laptop yang socket nya di kiri tentunya tidak bisa dipasang di layar yang socket nya di kanan dong.. Lihat, contohnya seperti gambar berikut ini.

lcd socket kiri socket kanan
Intinya kenapa tidak bisa, karena kabel fleksibel pada laptop yang layarnya ke kiri bentuknya ya mengarah ke kiri. Begitu juga yang socket nya di kanan maka fleksibel nya mengarah ke kanan. Makanya, hal yang agak mustahil untuk menggunakan layar socket kanan pada laptop yang seharusnya layarnya socket kiri. Dan juga sebaliknya ya sobat..

6. Perbedaan jumlah PIN pada socket

Selain yang di atas semuanya, ternyata jumlah pin juga menentukan bisa tidaknya sebuah layar di gunakan pada laptop lainnya. Sebab jumlah pin pada layar LCD/LED laptop itu berbeda-beda lo gaes. Lihat gambar berikut.

led 40 pin 30 pin
Di atas adalah contoh led 11.6" slim, yang ternyata berbeda jumlah PIN socket nya. Layar A cuma 30 PIN, sedangkan yang B 40 PIN. Kalau begitu ya berarti layar yang socket nya 30 PIN tidak bisa dipasang pada layar laptop yang menggunakan 40 PIN dan sebaliknya.

Komentar